BANNER ADS 728X90
BANNER 728X90

SATU NIKMAT DIAMBIL, ALLAH KASIH SOLUSINYA


Beberapa hari yang lalu, saya merasa lelah, badan sakit, nyeri, dan kesemutan. Padahal baru jam 8an pagi. Maksudnya, berarti masih fresh kan pagi-pagi. Saking lelahnya, saya 'paksa' Bilal tidur, dengan cara tak gendong muter-muter naik motor. Setelah tidur, saya ikutan tidur sampai siang. Bangun-bangun pun badan masih lemes dan lelah.  Kemudian saya inget, kalau belum minum #euthyrox. Oooh pantes badan rasanya ga karuan. Euthyrox ini adalah hormon sintetik. Jadi para tuna tiroid wajib minum euthyrox setiap hari. Sebegitu pentingnya ya hormon tiroid untuk tubuh. Emang nya fungsinya apa aja sih?

Kelenjar tiroid
Sumber: google images

Hormon tiroid adalah "suatu produk" dari kelenjar tiroid, yang terletak di leher bagian depan. Jadi kalau kelenjarnya sudah diangkat, maka tubuh sudah ngga bisa lagi menghasilkan hormon tiroid. Makanya, harus dibantu dengan hormon tiroid sintetik. Alhamdulillah, adanya hormon tiroid sintetik ini termasuk nikmat dari Allah juga. Sebagai solusi bagi kami penyandang tuna tiroid. Meskipun, tetap tidak akan sesempurna hormon tiroid yang udah dikasih sama Sang Pencipta kita.



Hormon tiroid terdiri dari thyroxine (T4) dan triiodothyronine (T3). Hormon tiroid berfungsi sebagai pengatur metabolisme dan fisiologi. Secara rincinya yaitu mengatur pernafasan, denyut jantung, suhu tubuh, kekuatan otot, siklus menstruasi, dan lain lain. Jadi kebayang dong, jika kelenjar tiroidnya diambil, betapa tidak stabilnya kami penyandang tuna tiroid. Dosis euthyrox pun berbeda beda tiap orang, jadi meskipun udah minum euthyrox, tetap harus cek darah rutin untuk memastikan dosisnya sudah tepat. Biasanya, penyandang tuna tiroid "dituntut" sensitif terhadap tubuhnya sendiri. Jika dirasa ada yang ga beres di tubuh, diharapkan tidak menunda untuk konsultasi ke dokter. Kemungkinan karena dosisnya belum tepat. Kalau kelebihan dan kekurangan hormon tiroid, akan berdampak pada tubuh juga. 

Kelebihan hormon tiroid akan menunjukkan gejala-gejala tertentu, seperti :
Kelelahan, kelemahan otot, tremor Tangan, berat badan turun, Perubahan suasana hati, mudah cemas, panik, Denyut jantung lebih cepat, Jantung berdebar-debar. 

Sedangkan kekurangan hormon tiroid akan menunjukkan gejala sebagai berikut:
Kelelahan, Peningkatan sensitivitas terhadap dingin, Sembelit, Kulit kering, Kenaikan Berat badan,  Kelemahan otot, Peningkatan kadar kolesterol darah, Nyeri sendi, dan kekakuan otot, Gangguan memori.

MasyaaAllah, begitu mahalnya nikmat sehat. Selama bertahun - tahun , Allah telah memberikan secara cuma-cuma nikmatnya punya tiroid yang normal. Tau ga? Kelenjar tiroid itu cuma sebesar kupu-kupu berukuran 4-6 cm loh. Tapi memiliki fungsi yang vital yah, dan mempengaruhi seluruh tubuh.

Pelajaran penting nih, Tak perlu kita menunggu moment adanya bentuk awan bertuliskan lafadz Allah, atau  buah yang bertuliskan lafadz Allah, untuk mengagumi kebesaran Allah. Sadarilah, mata yang bisa melihat, jantung yang masih berdetak, kaki yang bisa melangkah, kelenjar tiroid yang masih berfungsi normal, paru-paru yang bisa berespirasi, lambung yang bisa mencerna makanan, dan banyak sekali kebesaran Allah dalam tubuh kita.


Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nahl: 18).

Semoga bermanfaat

Baca juga hikmah tiroidektomi:  http://www.ceritaumma.com/2018/02/hikmah-tiroidektomi.html?m=1
SATU NIKMAT DIAMBIL, ALLAH KASIH SOLUSINYA SATU NIKMAT DIAMBIL, ALLAH KASIH SOLUSINYA Reviewed by Zata Lini on February 06, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.