BANNER ADS 728X90
BANNER 728X90

CARA MENCUCI TANGAN YANG BENAR


Beberapa hari yang lalu, saya kontrol rutin post operasi di RSUD Jogja, sekalian ambil euthyrox untuk bulan Maret ini. Iya, saya baru aja operasi pengangkatan tiroid bulan Januari lalu. Bisa dibaca ceritanya di sini ya . Ketika lagi antri nunggu panggilan untuk ketemu dokter, saya sambil baca-baca tulisan di Rumah Sakit tentang edukasi kesehatan gitu. Nah di depan saya ada banner tentang cara cuci tangan yang benar. Kepikiran deh buat  sharing tentang cara cuci tangan yang benar. Saya udah tahu sejak lama sih, waktu masih kuliah, tapi nggak kepikiran buat sharing. Meskipun kayanya Cuma cuci tangan doang, tapi ternyata ada aturannya loh.

Kenapa cuci tangan yang benar itu penting?

Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang mudah terkena kuman, tercemar penyakit, dan mudah kotor. Ketika kita memegang sesuatu, atau berjabat tangan dengan orang lain, saat itulah kuman bisa ikut berpindah, dan bahkan bisa jadi perantara penularan penyakit. Bisa dibayangkan dong teman-teman, ketika kita memegang gagang pintu kamar mandi, memegang uang, memegang lap dapur, memegang kursi kendaraan umum, pasti banyak kuman yang berpindah ketangan kita. Jika kita tidak mencuci tangan dengan benar, kuman masih bisa bersarang di tangan kita, dan menyebabkan kita terserang penyakit. Kuman yang berada ditangan bisa berpindah ke mulut, telinga, mata, dan hidung, sehingga kuman rentan masuk ke dalam tubuh kita. Sayangnya, Kebiasaan mencuci tangan dengan benar di masyarakat masih rendah. Padahal kebiasaan mencuci tangan dengan benar memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan. Cuci tangan yang benar dipengaruhi oleh cara mencucinya, air yang digunakan, penggunaan sabun, dan penggunaan lap setelah mencuci tangan.


sumber gambar : dream.co.id

Menurut Departemen Kesehatan RI, ada beberapa penyakit yang bisa dicegah dengan cuci tangan loh. Dengan catatan cuci tangannya pakai sabun, dan cuci tangan dengan gerakan yang benar. Nanti akan kita bahas kok, langkah-langkah cuci tangan yang benar. Lalu penyakit apa aja sih yang bisa dicegah dengan cuci tangan?


  • Infeksi saluran pernafasan, karena mencuci tangan dengan benar dapat melepaskan kuman-kuman pernafasan yang terdapat pada tangan dan permukaan telapak tangan.
  • Diare. Kuman penyebab diare ditularkan melalui fecal-oral, sehingga mencuci tangan dengan benar dapat mencegah penularan kuman tersebut.
  • Infeksi cacing, mata, dan penyakit kulit. Penelitian telah membuktikan, bahwa mencuci tangan dengan benar dan menggunakan sabun, dapat mengurangi kejadian penyakit kulit, infeksi mata, seperti trakoma, dan cacingan.


Bagaimana cara mencuci tangan dengan benar?

Setelah mengetahui manfaatnya, semoga teman-teman semakin mantap untuk menerapkan perilaku cuci tangan dengan benar. Sekarang akan kita bahas, cara mencuci tangan dengan benar sesuai yang ditetapkan oleh WHO. 

Sumber gambar : desyyusnita.com

.
  1. Basahi kedua tangan dengan air mengalir dan beri sabun secukupnya. Menggosokan kedua telapak tangan.
  2. Menggosok sela-sela jari kedua tangan.
  3. Menggosok punggung tangan.
  4. Menggosok ibu jari secara berputar dalam genggaman tangan kanan, dan sebaliknya.
  5. Menggosok kedua telapak tangan dengan jari-jari rapat.
  6. Menggosokkan kuku jari kanan memutar ke telapak tangan kiri, dan sebaliknya.
  7. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian.
  8. Basuh dengan air mengalir, dan keringkan tangan.



Gimana teman-teman? Mudah kan? Jangan lupa dihafalin dan dipraktekkan ya. Sebenarnya cuci tangan dengan air saja pasti sudah umum dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, mencuci tangan dengan air saja kurang efektif untuk menjaga kesehatan jika dibandingkan dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Mencuci tangan menggunakan sabun akan menghabiskan waktu lebih lama, namun kotoran dan lemak bisa ikut terangkat.

Kapan waktu penting untuk cuci tangan?

Selain memperhatikan cara cuci tangan yang benar, kita juga harus tahu, kapan aja waktu penting untuk cuci tangan. Menurut Departemen Kesehatan RI, ada lima waktu penting untuk mencuci tangan pakai sabun, yaitu :
  • Sebelum makan
  • Sebelum menyusui bayi atau menyuapi bayi/anak.
  • Sesudah ke WC atau buang air besar
  • Sesudah menyeboki bayi/anak
  • Sebelum memasak atau menyiapkan makanan.
Wah, Tidak terasa sudah sampai pembahasan yang terakhir. Semoga ilmunya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan bisa disebarkan ke teman-teman lainnya ya. Terimakasih sudah disempatkan membaca. 


Sumber :
  1. Mustikawati, Intan Silviana. 2017. Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun. Arkesmas.  Vol 2(1) : 115-125
  2. Purwandari, Retno, dkk. 2013. Hubungan Antara Perilaku Mencuci Tangan dengan Insiden  Diare pada Anak Usia Sekolah di Kabupaten Jember. Jurnal Keperawatan. Vol 4(2) : 122-130

CARA MENCUCI TANGAN YANG BENAR CARA MENCUCI TANGAN YANG BENAR Reviewed by Zata Lini on March 18, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.