BANNER ADS 728X90
BANNER 728X90

Cara Memilih Telur Ayam yang Baik


Beberapa pekan terakhir, kita dihebohkan dengan adanya isu tentang telur palsu. Meskipun sudah banyak penjelasan mengenai isu telur palsu, tampaknya keresahan masyarakat masih susah untuk dihilangkan. Banyak yang tidak percaya, tapi tak sedikit juga yang percaya adanya telur palsu yang beredar di masyarakat kita. Pertama kali tahu isu tentang telur palsu, saya udah curiga kalau itu cuma hoax, yang sengaja digemborkan oleh oknum tertentu. Sayangnya, masyarakat mudah sekali menelan mentah-mentah isu telur palsu. Wajar sih jika masyarakat menjadi sedemikian resahnya, karena setiap hari mungkin mengkonsumsi telur ayam. Bagi saya pribadi, telur ayam adalah bahan makanan yang  praktis, dan bisa diolah menjadi aneka masakan. Selain itu, telur ayam juga kaya zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.
Dalam 1 butir telur ayam (50 g) mengandung energi 72 kkal, protein 6,28 g , lemak 4,755 g , karbohidrat 0,36 g , kalsium 28 mg, fosfor 99 mg, vitamin A 270 IU. Tapi ..  zat gizi dalam telur bisa menurun jika kondisi telurnya sudah tidak baik. Jadi, kita harus paham gimana memilih telur yang baik supaya bisa mendapatkan zat gizi maksimal dari telur tersebut. 

Ciri - ciri Telur yang Baik
·         Warna kerabang sesuai jenis unggas
·         Warnanya seragam
·         Bentuk telur normal
·         Permukaan halus
·         Mengkilap, tidak ada kotoran (kotoran ayam, noda hitam, pengapuran)
·         Telur utuh, tidak retak

sumber : https://1.bp.blogspot.com/

Ketika membeli telur, pilihlah telur yang bersih, tidak ada kotoran ayam yang menempel, dan tidak retak. Selain itu, kita juga harus tahu cara menyimpan telur yang benar supaya meminimalisir hilangnya zat gizi dari telur tersebut. 

Tips penanganan dan penyimpanan telur yang benar 
·         Pisahkan telur yang bersih dengan telur yang kotor. Supaya telur yang bersih tidak terkontaminasi oleh telur yang kotor 
·         Pisahkan telur yang berukuran besar dengan telur yang kecil
·         Pisahkan telur yang baru dengan telur yang lama, supaya kita tidak bingung memilih  telur yang harus segera diolah.
·         Cuci kerabang telur yang kotor dengan air bersih, dan tidak perlu disikat, lalu keringkan.
·         Simpan di baki telur atau kulkas dalam suhu 7-10 derajat C, dan bagian tumbul berada dibawah.
·         Gunakan telur yang lebih lama disimpan untuk dimasak terlebih dahulu. Perlu diingat, masa simpan telur disuhu ruang selama 15 hari dan disuhu dingin 30 hari. 

Bagaimana cara membedakan telur lama dan telur baru?

·         Telur ayam baru memiliki batas putih telur tebal dan tipis yang terlihat jelas.
·         Telur ayam baru tidak memiliki bercak darah atau benda asing pada putih telur.
·         Pada telur ayam yang baru, kuning telur berbentuk bulat dan posisinya berada di tengah dari putih telur yang tebal. Sedangkan telur ayam lama bentuk kuning telur tidak bulat dan posisinya agak kepinggir.

Itulah beberapa tips cara memimilih telur yang baik. Bagaimana teman-teman? Sudah jelas kan? cuma ngomongin telur aja jadi panjang juga ya. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari ya. Yuk jangan ngasal lagi kalau beli telur.

Sumber:  
Aplikasi Nutrifact 
Buku Cara Pintar Pilih Pangan Asal Hewan , Badan Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan


Cara Memilih Telur Ayam yang Baik Cara Memilih Telur Ayam yang Baik Reviewed by Zata Lini on May 23, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.