BANNER ADS 728X90
BANNER 728X90

Daging Kambing vs Daging Sapi, Pilih Mana?

Sumber : google

Alhamdulillah,  beberapa bulan lalu kita merayakan  Idul Adha. Hari dimana umat muslim diperintahkan untuk menyembelih hewan kurban. Idul adha tahun ini, di desa saya menyembelih 1 ekor sapi, dan 14 ekor kambing. Lumayan banyak alhamdulillaah. Jadi dapet daging banyak juga nih. Ibu ibu di rumah sudah masak apa aja ? Saya dan keluarga masak sate kambing, dan rica rica tulang kambing. Saya cuma masak dikit aja, sisanya ditaruh di frezeer. Meskipun dapat banyak daging kambing dan sapi, kita tetap harus membatasi konsumsi daging ya. Supaya tekanan darah dan kolesterol tetap terjaga.

Bicara mengenai daging kambing dan sapi, saya jadi pengen bahas tentang nilai gizi daging kambing dan daging sapi. Kita mulai dari daging kambing dulu ya. .
1. Daging kambing

Bagi penikmat sate kambing, pasti sudah 'akrab' banget sama daging kambing. Bisa habis bertusuk tusuk sate setiap kali makan. Iya ngga? Daging kambing digemari masyarakat karena mudah diperoleh dan bisa diolah menjadi aneka masakan, seperti rica-rica, gulai, tongseng, dan masih banyak lainnya. Tapi, udah tahu belum sih, kandungan gizi dalam daging kambing itu apa aja? 
Jadi, dalam 100 gram daging kambing mentah, mengandung 109 kkal, lemak 2,31 gram, protein 20,6 gram, dan 0 gram karbohidrat. Data tersebut adalah daging kambing mentah ya, jika sudah diolah maka akan berbeda lagi, tergantung masakannya. Bisa jadi akan semakin berlemak, karena ditambah minyak dan santan. Nah, itu baru 100 gram daging kambing, jika dikonsumsi lebih dari itu tinggal dikalikan saja. 100 gram daging kambing itu kira-kira 10 tusuk sate. Setiap tusukan berisi 5 potong kecil daging kambing. Jika dilihat dari kandungan gizinya, daging kambing memiliki nilai protein yang cukup tinggi. Protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 30% , dimulai dari 60 menit sampai 3 atau 12 jam sesudahnya, kemudian akan diikuti peningkatan aliran darah sistemik yang memungkinkan peningkatan tekanan darah.

2. Daging sapi
Meskipun daging sapi lebih mahal dibandingkan daging kambing, masyakarat banyak juga loh yang lebih suka daging sapi. Daging sapi juga mudah diolah jadi berbagai masakan, ada rendang, gulai, dendeng, steak, dan bakso. Kalian suka yang mana?

Dalam 100 gram daging sapi (mentah ya) mengandung 228 kkal, lemak 19,54 gram, dan protein 26,33 gram. Selain itu, daging sapi memiliki zat besi yang mudah diserap daripada zat besi yang terdapat pada tumbuhan. Itulah kenapa daging sapi baik untuk pertumbuhan anak-anak.
Jika dilihat dari kandungan gizi daging kambing dan daging sapi, keduanya memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Jadi, kita Tak perlu takut untuk mengkonsumsinya, selama masih dalam batas yang wajar.




Sumber :
Efek Konsumsi Daging Kambing Terhadap Tekanan Darah, ditulis oleh Muhammad Dimas Afid dan Titis Nurmasitoh
Daging Kambing vs Daging Sapi, Pilih Mana? Daging Kambing vs Daging Sapi, Pilih Mana? Reviewed by Zata Lini on September 12, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.